Jumat, 17 Oktober 2014

4 Cara Sehat Untuk Menjaga Jantung Pada Wanita


Setiap wanita perlu meningkatkan kesadaran untuk selalu menjaga jantung supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Sebenarnya, tidak begitu sulit dijalani karena bisa disisipi ke rutinitas sehari-hari sehingga tercipta kebiasaan yang sehat. Pertanyaan klasik yang terus muncul, bagaimana menciptakan kebiasaan atau cara sehat dalam menjaga jantung untuk setiap diri wanita?

Rutin olahraga
Wanita perlu menyempatkan waktu untuk berolahraga sekitar 30-60 menit per hari. Olahraga memperkuat otot-otot jantung supaya tetap kuat dan sehat. Jantung membutuhkan latihan atau olahraga setidaknya 150 menit setiap minggu. Oleh karena itu, catat aktifitas olahraga yang dilakukan setiap hari dan setiap minggu. Lakukan gerakan olahraga penguatan dan relaksasi seminggu sekali. Jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan adalah tai chi dan yoga yang berfokus pada pernapasan.


Sayur dan buah
Lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan beraneka warna sebagai santapan dan camilan harian. Sebuah studi mengungkapkan fakta bahwa mengonsumsi delapan porsi sayuran dan buah-buahan menurunkan resiko penyakit jantung hingga menyentuh angka 22 persen. Meskipun tubuh tak memperoleh delapan porsi setiap hari, resiko penyakit jantung akan turun hingga 4 persen bila terus mengonsumsi beraneka macam sayuran dan buah-buahan setiap hari.
Beraneka warna
Jangan hanya mengonsumsi satu jenis sayuran dan buah-buahan saja. Coba menciptakan kebiasaan sehat dalam menjaga jantung untuk setiap diri wanita dengan mengonsumsi sayur dan buah beraneka warna. Mengapa? Ada beragam senyawa yang diperlukan tubuh yang sanggup mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi hingga tekanan tinggi gula darah. Disarankan memperbanyak makan sayur dan buah yang berwarna merah, oranye/kuning, ungu/biru, hijau, putih dan coklat.
Konsumsi protein
Perbanyak makan ikan, daging ayam tanpa kulit dan minimal daging merah. Tubuh memerlukan protein! Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi setidaknya satu-dua porsi ikan seukuran telapak tangan setiap minggu. Begitu juga daging ayam tanpa kulit dan telur yang sumber protein. Hati-hati bila makan telur, hindari kuning telur karena kaya kandungan kolesterol. Daging merah yang berasal dari domba dan sapi juga kaya protein tapi asupan harus dibatasi, setidaknya satu porsi seukuran telapak tangan setiap minggu.
Itulah empat kebiasaan sehat dalam menjaga jantung untuk setiap diri wanita. Tidak terlalu sulit, bukan? Intinya, mulailah dari penyusunan pola makan sehat yang dipadu dengan rutin olahraga setiap hari. Jangan lupa untuk menjalankan hidup sehat dengan tidak merokok, minum alkohol ataupun begadang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar