Sabtu, 13 Oktober 2012

Tugas 1 (Teori organisasi)


BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Di zaman globalisasi seperti sekarang ini banyak ditemukan berbagai macam sekumpulan orang-orang dengan visi dan misi yang sama yg sering kita sebut dengan organisasi. Dimulai dari organisasi berbasis politik ,organisasi berbasis sosial ,organisasi berbasis kemahasiswaan. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan berbeda-beda tergantung kepentingan dari orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama tersebut. Maka dari itu di dalam makalah ini akan dibahas mengenai organisasi yang ada di masyarakat.

1.2 Batasan Masalah
Dalam makalah ini akan dibahas arti dari organisasi , teori organisasi, dan macam-macam organisasi menurut tujuannya.

1.3 Tujuan
Untuk mengetahui arti penting organisasi dan tujuan didirikannya organisasi.






BAB II
Pembahasan

2.1 Pengertian Organisasi

Arti penting organisasi itu sendiri dapat kita artikan sebagai wadah sekelompok orang yang bekerjasama secara sistematis untuk membahas suatu permasalahan dan memecahkannnya bersama-sama serta organisasi tersebut memiliki berbeda pendapat tetapi tetap satu tujuan. Serta begitu banyak pendefinisian tentang organisasi oleh para ahli pakar,salah satu contoh yaitu dari:
-          Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
-           James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
-           Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
-        Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikas.

Organisasi bisa juga disebut kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan. Kesamaannya itulah yang menyebabkan masing-masing individu, yang pastinya berbeda, mau bergabung dan menjadi anggotanya. Kesamaan bisa disebabkan kepentingan yang sama, cita-cita, harapan dan satu tujuan atau bisa disebut dengan partisipasi. Partisipasi sendiri memiliki arti keterlibatan pikiran,mental yang nantinmya dapat mendorong kelompok atau seseorang untuk menghasilkan kinerja yang baik dengan satu tujuan.
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
-  Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas


2.1.1 Tujuan Sebuah Organisasi

Tujuan organisasi merupakan suatu harapan yang diinginkan dalam sebuah organisasi sesuai dengan misi dan visi pada organisasi tersebut demi kesejahteraan seluruh anggotanya.Setiap organisasi juga harus punya arah ,mau dibawa kemana organisasi ini ,dan juga harus punya visi dan misi.

Visi adalah cara pandang jauh ke depan kemana organisasi harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka penetapan visi, sebagai bagian dari perencanaan strategis, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi. Visi tidak hanya penting pada waktu mulai berkarya, tetapi juga pada kehidupan organisasi itu selanjutnya. Kehidupan organisasi sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan internal dan eksternal. Visi adalah mental model masa depan, dengan demikian visi harus menjadi milik bersama dan diyakini oleh seluruh anggota organisasi. Misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana melakukannya.Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

2.1.2 Prinsip Prinsip Dari sebuah organisasi
Ada beberapa prinsip dari sebuah organisasi yaitu :
1. Bahwa Organisasi Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas,ini hal mutlak yang harus dimiliki sebuah organisasi ,mau dibawa kemana suatu organisasi ini ,sehingga organisasi harus punya misi dan visi yang jelas agar tidak berhenti di tengah jalan .
2. Bahwa harus ada kepemimpinan,hal ini penting agar sebuah organisasi dapat berjalan di bawah koordinasi ,perintah ,pengawasan yang tepat.
3. Bahwa harus ada pembagian pekerjaan,ya hal ini penting karena organisasi terdiri dari berbagai struktur anggota didalamnya ,dan setiap anggota mempunyai tugas masing masing.
4. Bahwa organisasi harus ada tanggung jawab ,sebuah organisasi merupakan tanggung jawab semua elemen didalamnya ,bukan hanya tanggung jawab ketua/pemimpin ,tapi merupakan tanggung jawab bersam.

2.2  Ciri-ciri unsur dan teori organisasi
1.      Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama
Organisasi dapat dikatakan sebagai wadah untuk menuangkan aspirasi,misalnya dalam keorganisasian sekolah,atau organisasi jaringan mahasiswa.
   2.  Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.
3. Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain.
4. Ada tujuan tertentu
Dimana setiap keorganisasian pasti memiliki tujuan tertentu untuk menggapai suatu hasil yang efektif dan efesien

2.3 Macam-macam organisasi dari berbagai tujuan
Berikut ini adalah macam-macam Organisasi dari segi tujuan dan luas wilayah:

1. Organisasi Niaga
Organisasi niaga ini adalah salah satu organisasi yang tujuannya untuk memperoleh keuntungan (Organisasi dagang).

Ada beberapa macamnya yaitu :
a)     Perseroan Terbatas (PT), yaitu perusahaan yang didirikan oleh dua orang atau lebih yang berbadan hukum.
b)    Perseroan Komanditer (CV), yaitu salah satu badan usaha yang dilakukan oleh pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.
c)      Firma (FA), yaitu suatu organisasi bisnis dimana ada perjanjian dua orang atau lebih untuk memperoleh keuntungan bersama.
d)     Koperasi, yaitu badan usaha yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.
e)     Join Ventura, yaitu kerjasama antara dua orang atau lebih dalam bidang bisnis untuk membentuk perusahaan baru.
f)      Trust merupakan organisasi yang sengaja dibentuk untuk menghindari kerugian-kerugian dan meningkatkan keuntungan. Trust adalah penggabungan dua unit usaha menjadi satu dan masing-masing unit usaha kehilangan identitasnya. Karena itu trust merupakan salah satu jenis perseroan.
g)    Kartel Adalah persekutuan perusahaan-perusahaan dibawah suatu perjanjian untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kartel identitas masing-masing perusahaan masih utuh dan tetap berdiri sendiri.
h)    Holding Company, yaitu suatu usaha untuk menggabungkan satu perusahaan dengan perusahaan lain.
dapat disimpulkan manfaat dari organisasi Niaga yaitu untuk memperoleh keuntungan terutama dalam dunia bisnis.

2. Organisasi Sosial

Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.

Organisasi sosial memiliki banyak ciri-ciri, ciri-ciri organisasi sosial menurut berelson dan steiner (1964) yaitu diantaranya :
a     a)     Hierarki, yaitu adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang membentuk seperti  piramida. Piramida yang dimaksud yaitu mencerminkan kedudukan seseorang.
b     b)     Besar dan Kompleksnya, biasanya organisasi sosial memiliki lebih banyak anggota sehingga menyebabkan gejala "birokrasi" yaitu hubungan sosial antar anggota yang terjadi tidak langsung.
c     c)     Formalitas, yaitu menunjukan adanya perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dll.
      d)    Durasi, durasi ini yang bisa menunjukan pada diri bahwa lamanya suatu eksistensi suatu organisasi daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.

Sedangkan tujuan organisasi sosial yaitu :
a     
    1) Untuk menjadikan bangsa dan negara dalam pembentukan sosialisasi yang baik.
   
    2) Untuk menjadikan masyakarat yang penuh dengan jiwa sosialisasi yang tinggi.




                                                                             BAB III
KESIMPULAN

3.1  Kesimpulan

Jadi organisasi baik formal maupun informal sangat penting dan dibutuhkan kehidupan bermasyarakat. Karena manusia sebagai makhluk social berhak mengeluarkan aspirasinya dan didengarkan pendapatnya salah satu metode penyampaiannya adalah melalui organisasi .

                                               
3.2 Saran
            1. Dalam berorganisasi harus bisa mendengarkan pendapat orang lain .
            2. Dalam berorganisasi kita dituntut untuk dapat mengatur waktu dan bersikap   disiplin.
            3. Dalam berorganisasi dibutuhkan sebuah kejujuran dan toleransi antar anggota.



                                                                       BAB IV
                                                           
                                                          DAFTAR PUSTAKA



http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_sosial

http://honeyzharratih.blogspot.com/2011/10/macam-macam-organisasi.html#more

http://marinnrin.wordpress.com/2010/10/05/macam-macam-organisasi/

http://lista.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/22300/P+4+macam-organisasi.pdf

http://uzi-online.blogspot.com/2010/10/macam-macam-organisasi.html
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar